-->

Bluetooth Bisa Buat Chatting ? - Tanduran Ilmu

Tahukah kamu bahwa Bluetooth bisa digunakan untuk chatting ? Bagaimana caranya ? simak penjelasannya sebagai berikut.


BLUETOOTH CHATTING ? BAGAIMANA CARANYA ? 

 

bluetooth-chatting

 

 

SEJARAH BLUETOOTH


    Yap, Bluetooth merupakan perangkat (termasuk telepon dan komputer) jaringan Personal Area Network (PAN). Kegunaannya adalah sebagai media pentransferan data  berupa file (video, audio, teks dan lain-lain) juga untuk menghubungkan dua buah perangkat misalkan mouse dengan komputer dan lain-lain.

   Inovasi baru dalam Bluetooth antena ada diizinkan untuk perangkat ini sangat melebihi jangkauan untuk mereka yang pada awalnya dirancang. Pada DEF CON 12, sekelompok Hacker yang dikenal sebagai "Flexilis" berhasil tersambung dua perangkat Bluetooth lebih dari setengah mil (800 m). Mereka menggunakan antena dengan lingkup dan antena Yagi, semua terpasang ke senapan saham. J terpasang kabel antena ke Bluetooth kartu di komputer. Mereka kemudian menamakan antena tersebut "TheBlueSniper".
Yup, itu adalah sedikit sejarah dari Bluetooth.


ASAL MUASAL SAYA TAHU BLUETOOTH CHATTING ?

    Bluetooth merupakan salah satu teknologi jaringan WPAN ( Wireless Personal Area Network ).
Pemikiran saya, Bluetooth merupakan salah satu Teknologi Jaringan WPAN, ada 3 Kemungkinan

1) Terjalin Jaringan (Terkecil)
2) Menghubungkan dua perangkat atau lebih
3) Jaringan identik dengan Komunikasi,
Di Kemungkinan ketigalah saya mulai berimajinasi. Di Mulai saat saya jelajah di Google Play Store untuk mencari Aplikasi-Aplikasi unik, saya selintas melihat aplikasi Bluetooth Chat. Tetapi Pada waktu itu saya belum mengetahui bahwa Bluetooth itu termasuk dalam Jaringan yaitu PAN.

   Nah, Hari Jum'at tepatnya Pelajaran Jaringan Dasar oleh Pak Badriyono, Membahas Mengenai Jaringan Komputer yang didalamnya terdapat Jaringan PAN. Kami berdiskusi, saat membaca mengenai Bluetooth, terlintas dipikiran saya tentang Bluetooth Chat. Saya mengajukan pertanyaan mengenai Bluetooth Chat, tetapi belum mendapat jawaban yang memuaskan karena saya belum mempraktekannya.Saya berinisiatif untuk mencobanya dengan teman saya di minggu berikutnya. Di Minggu itu saya mendapat pengetahuan baru yaitu sebagai berikut :

1) Bluetooth Chat Menggunakan L2CAP ( Logical Link Control Adaption Protocol ). L2CAP menyediakan layanan data connection-oriented dan connectionless ke protokol di layer atas dengan kemampuan multiplexing, segmentation and reassembly, dan group abstraction.
2) Sebenarnya dalam chatting itu prinsipnya sama seperti pengiriman file , Dalam Bluetooth Chat, Pesan kita Dalam bentuk String diubah kedalam bentuk Byte kemudian di tampilkan sebagai pesan
3) Salah satu menjadi Client dan satunya lagi sebagai Server. Tergantung siapa yang memulai pesan duluan.
4) Hanya dapat berkomunikasi dua arah. Saya dan teman saya sudah mempraktekannya.

Adapun persyaratan Bluetooth Chatting sebagai berikut
1) Handphone Support Bluetooth.
2) Bluetooth versi 2.0 keatas.
3) Mempunyai aplikasi Bluetooth Chat, Baik .apk (Untuk Android) atau .jar (Untuk Handphone Java)

Download Disini : Link Apk | Link Jar


PRAKTEK BLUETOOTH CHATTING

    Yup, pasti sudah bosan ya membaca penjelasan diatas ? langsung saja begini caranya.
Apabila kamu telah memenuhi persyaratan diatas, Lakukan hal berikut.

1) Ajak temanmu karena Chatting ini harus dilakukan 2 orang atau jika anda mempunyai 2 buah
    Handphone, kamu bisa lanjut asalkan kedua Handphone tersebut memenuhi kriteria diatas.
2) Install Bluetooth Chat
3) Masuk ke Pengaturan Bluetooth > Hidupkan Bluetooth (Berlaku untuk kedua HP) >
  Hubungkan Kedua Bluetooth tersebut sehingga terdaftar di daftar nama Bluetooth.

bluetooth-chatting
  

bluetooth-chatting

   *Note = Jangan Hidupkan Jaringan Data / Data Seluler untuk mengetes apakah perlu koneksi
     Internet atau tidak.
4) Buka Aplikasi Bluetooth Chat, Berikut Tampilannya
bluetooth-chatting

 
bluetooth-chatting


bluetooth-chatting

5) Cari Nama Bluetooth yang telah kamu hubungkan.
bluetooth-chatting

6) Ketik Pesan yang akan di kirimkan dan perhatikan tandanya
bluetooth-chatting

      -Merah : Tidak Terkirim
      -Biru : Mengirim
      -Hijau : Terkirim
      Pilih tanda kirim atau tombol Enter.

7) Cek di Handphone yang dikirim, apakah sudah terhubung atau belum.

   Perlu diingat, Jangkauannya hanya 10 M , Fiturnya juga ada seperti BBM yaitu fitur Notifikasi apabila anda meninggalkan Chat tetapi masih menghidupkan Bluetooth Maka pesan akan tetap di terima.

   Jika anda ingin mempraktekannya, saya sarankan jangan Di Sekolah. Ini pengalaman saya, Nekat membawa HP ke sekolah hanya untuk Testing Bluetooth Chat dan resikonya HP saya tersita :D. 

 Tested On Samsung Galaxy Young Neo Duos GT-S5312 and Samsung Galaxy J2


Selamat Mencoba,

Chat My Facebook for more Information : Awal Ariansyah
Special Thanks to Fitrian Danu Priambudi My Best Friend
 
Terima Kasih,
Wassalamualaikum wr.wb.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel